Assalamu'alaikum wr.wb Selamat Datang di Blog KISWOYO Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta semoga para pembaca merasa terkesan dan sering mampir di blog ini serta Terima Kasih atas kunjungannya. SEMOGA BERMANFAAT SILAHKAN KLIK DI SINI BAGI PARA PENGUNJUNG YANG INGIN TAHU VIDEO DAN REKAMAN CIPTAKAN LAGUMU.COM

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 17 November 2012

Makalah samak nabati dompet untuk wadah HP untuk semua jenis kategori HP







Kata  Pengantar

 Assalamualaikum wr.wb
Alhamdulillahi rabbil ‘alamin puji syukur selalu kita haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunianya kepada kita sekalian, sehingga kita masih dalam keadaan sehat dan selamat atas pertolongan dari-Nya.
Salawat dan salam tak lupa kita curahkan kepada nabi agung kita nabi akhir zaman nabi yang tidak ada selain beliau nabi pembawa kebenaran nabi pembawa keselamatan dunya wal akhirah nabi yang sabar yaitu nabi Muhammad SAW. Beserta sahabat-sahabat dan keluarga. Allahu ma Amiin.
Pertama-tama saya sebagai penulis makalah mengucapkan terima kasih kepada dosen yang telah memberikan materi yang menurut saya hal ini sangatlah jarang kita dapatkan baik itu dari SD, SMP, maupun SMA. Beliau adalah Drs. Sutopo M.Sn  Saya sangat berterima kasih kepada beliau karena dengan perantara beliau memberikan sebuah materi ini saya menjadi mengetahui hal-hal yang begitu langka dang jarang kita jumpai di dalam kehidupaan modern sat ini. Yaitu kunjungan IKM dan home industri pembuatan barang kerajinan dari kulit. Baik itu sifatnya barang jadi maupun barang setengah jadi seperti sepatu kulit, sandal kulit dan lain-lain.
Akhirnya melalui kegiatan kunjungan ini di harapkan kita sebgai mahasiswa dapat meningkatkan jiwa kreativitas dan inovatif yang unggul demi membangun perekonomian bangsa ini.
Wassalamu’alaikum wr.wb.

Yogyakarta , November 2012

Penulis,

Kata Pengantar ………………………………………………………………page 1 of 3
Daftar Isi ……………………………………………………………………..page 2 of 3
 BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ……………………………………………………………………1
B.    Tujuan …………………………………………………………………………….1
BAB II PEMBAHASAN
A.    Sejarah ……………………………………………………………………………2
B.    Alat dan bahan ……………………………………………………………………3
C.     Proses pembuatan …………………………………………………………………3
D.    Tata cara pemasaran …………………………………………………………........4
E.     Harga ……………………………………………………………………………...4
BAB II KESIMPULAN
A.    Kritik …………………………………………………………………………..….5
B.    Saran  …………………………………………………………………………..….5
C.     Penutup  …………………………………………………………………...………5
DAFTAR PUSTAKA ………………………………………………………... page 3 of 3



BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Di negara indonesia saat ini tingkat kerajinan dan industri dari bahan kulit semakin meningkat. Dalam hal ini di tandai dengan adanya peningkatan permintaan dari para konsumen-konsumen tentang bahan produk kulit. Dalam tingkatan ini maka seluruh industri-industri kulit baik itu pengolahan kulit mentah sampai barang jadi memanfaatkan peluang tersebut untuk memproduksi barang.  Baik itu Home Industri, IKM sampai ke industri tingkat tinggi atau biasa di sebut PT. Seperti halnya industri kecil dan menengah yang ada di pulau jawa khususnya di propinsi DIY banyak sekali sentra-sentra industri kerajinan kulit. Seperti kegiatan kunjungan kerajinan kulit di daerah manding misalnya, di sana terdapat banyak sentra pembuatan kerajinan dari kulit samak nabati. Contohnya usaha home industri LEATHER AND NATURAL HANDICRAFT ROOSMAN. Home industri ini memproduksi barang jadi dari kulit samak nabati yaitu dompet untuk menempatkan hand phone atau dompet hp. Sentra ini memproduksi begitu banyak setiap harinya karena permintaan dari para konsumen. Walaupun hanya home industri akan tetapi memiliki banyak pelanggan. Hal inilah yang melatarbelakangi banyaknya sentra-sentra industri khususnya di daerah manding yang beralamat di jalan parangtritis km 12 manding RT. 07/08 Sabdodadi Bantul Yogyakarta semakin maju.
B.    Tujuan
Adapun tujuan kunjungan dan pembuatan makalah ini adalah :
1.      Meningkatkan pengetahuan dan keteladanan sebagai mahasiswa ATK-Yogyakarta
2.      Menyelesaikan tugas pengantar produk kulit
3.      Meningkatkan motivasi dari pembelajaran dan pengalaman dari seorang pengusaha yang sukses
4.      Meningkatkan hubungan sosialisasi dengan masyarakat





BAB II PEMBAHASAN
A.    Sejarah
Di awali dengan usaha yang gigih dan tanpa menyerah inilah sebuah usaha yang saat ini telah berkembang dan maju yaitu sentra home industri ROOSMAN yang beralamat di jalan parangtritis km 12 manding RT. 07/08 Sabdodadi Bantul Yogyakarta. Bermula dari belajar dan bekerja sebagai buruh dan pengrajin di sebuah home industri yang tidak jau dari rumah beliau bekerja dalam kurun waktu yang lama sekitar 22 tahun mengabdi bekerja sebagai pengrajin di usaha milik alm. Bapak Prapto Sudarmo. Melalui perantara usaha beliau inilah saat ini ibu Rosman yang sekarang pemilik home industri pengajin kulit ROOSMAN belajar. Di perjalan hidupnya sebagai pengrajin inilah yang sekarang dimanfaatkan oleh beliau untuk membuka usaha yang di dukung oleh keluarga dan suami. Perjuangan beliau dalam memulai usaha yaitu membuat produk sendiri dan di pasarkan di pasar terkenal di kota bantul yaitu pasar Malioboro. Setiap beliau membuat produk dari hasil pengalaman kerja itulah beliau langsung memasarkan produknya di pasar. Dengan ketekunan dan kesabaran, meskipun di awal usahnya banyak sekali kendala yang terjadi diantaranya produk tidak laku, persaingan yang semakin ketat dan kurangnya tingkat kreativitas beliau saat itu. Namun di sela-sela kerumitan dan kendala yang di alami beliau saat itu tidak membuat beliau semakin mundur, bahkan dengan kejadian itulah beliau semangat untuk memperbaiki dan mencoba lagi dan lagi usahanya agar semakin maju dan laku di pasaran. Walaupun pada awalnya hanya laku dengan harga yang relatif murah dan untung sedikit tetapi beliau rutin memasarkan produknya. Hingga waktu demi waktu pun produk yang beliau pasarkan mulai di kenal oleh banyak pelanggan. Hingga lambat laun pun usaha ibu Rosman kian banyak pemesanan barang. Sampai akhirnya beliau membuka sebuah home industri untuk memperbesar nilai pemasaran.
Awal berdirinya usaha beliau ini pada awal tahun 1989 dengan nama usaha LEATHER AND NATURAL HANDICRAFT ROOSMAN. Dengan dorongan dan dukungan kuat dari seluruh anggota keluarga, saat ini beliau memiliki karyawan tetap yang mana anggota karyawan itu mayoritas dari ibu-ibu rumah tangga. Kini ada sekitar 10 orang karyawan yang bekerja di unit usaha beliau. Setiap harinya para karyawan bisa menghasilkan lebih dari 100 dompet yang siap di pasarkan.
B.    Alat dan bahan
1.      Gunting
2.      Lem (lateks)
3.      Kancing dompet
4.      Kertas karton atau kertas kambing
5.      Pensil untuk membuat pola bentuk dompet hp
6.       Palu atau pemukul untuk memasangkan kancing di dompet hp
7.      Benang (Nilon dan benang ultra)
8.      Mesin jahit
9.      Semir sepatu natural
C.     Proses pembuatan
1.      Buat pola bentuk dompet hp yang akan di buat dengan menggunakan kertas kambing atau karton menggunakan pensil. Setelah itu gunting bentuk pola tadi.
2.      Setelah membuat pola jadi langkah selanjutnya adalah membuat dompet hp dengan menjiplak menggunakan pola bentuk dompet hp tadi menggunakan pensil juga pada kulit samak nabati.
3.      Setelah penjiplakan selesai potonglah hasil jiplakan tadi menggunakan gunting.
4.      Setelah selesai pemotongan langkah selanjutnya adalah pemasangan kancing dompet. Pada ujung yang akan di pasang kancing dompet harus di buat kasar dengan tujuan agar saat pengeleman menggunakan lateks dapat rekat dengan sempurna. Sehingga kancing dompet tidak mudah lepas.
5.      Pemasangan kancing sudah selesai langkah selanjutnya adalah penjahitan atau bordir. Yang mana memiliki tujuan tentang nilai estetika dan keindahan dari dompet hp tadi. Ada yang di jahit dengan sistem open seam yaitu jahitan di luar contohnya bentuk zig-zag menggunakan benang nilon atau ultra.
6.      Setelah proses di atas selesai langkah terakhir atau sering di sebut dengan finishingnya adalah proses penyemiran atau semir. Dalam hal ini semir menggunakan semir sepatu natural. Tujuan dari semir ini adalah agar dompet kelihatan mengkilap dan indah sehingga terlihat menarik.
D.    Tata cara pemasaran
Mengenai cara pemasaran produk, ibu Rosman memanfatkan dengan adanya event-event yang ada di kota Bantul atau Jogja seperti dalam pameran Jogja Expo Center atau JEC dan melaui website serta dari mulut ke mulut dan kartu nama yang di berikan dan di sampaikan oleh para pelanggan. Ada juga beliau pernah mengikuti pameran di Tamrin City.
E.     Harga
Untuk variasi harga di tentukan dengan jenis dompet hp. Misalnya dompet hp untuk blacberry biasanya lebih mahal dari pada dompet hp biasa. Karena saat pembuatan di buat lebih menarik dan lebih banyak menghabiskan bahan baku saat pemberian nilai estetika.  Harga berkisaran antara 10 ribu sampai 200 ribu. Dan di harga di tentukan dari sifat fisik dan kualitas serta estetikanya.




BAB II KESIMPULAN
A.    Kritik
Penulis makalah hanyalah manusia biasa yang sifatnya masih awam dan masih dalam tahapan belajar, jadi wajar saja banyak terjadi kesalahan dan kekurangan. Baik itu dalam penulisan dan penyusunan kata-kata. Oleh karena itu di harapkan komentar dari semuanya agar makalah ini semakin sempurna dan bisa di terima hingga akhirnya penulis pun mampu mengaplikasikanya dalam kehidupan nantinya.
B.    Saran
Dalam setiap pembuatan makalah harus di landasi dengan konsep dasar yang bagus agar setiap penulisan kita tidak mengada-ngada. Jadi apa yang kita tulis itu adalah berdasarkan pengetahuan dan pengalaman.
C.     Penutup
Dengan berkembangnya sebuah usaha yang didirikan dengan penuh keteguhan dan kesabaran hingga saat ini usaha ibu Rosman semakin maju dan banyak pelanggan. Bahkan pelanggan ibu Rosman bukan hanya di pulau jawa saja melainkan sudah tersebar di seluruh kota di indonesia dan yang lebih menarik lagi ibu Rosman pernah mengekspor barangnya ke luar negeri seperti Malaysia, Jepang, dan Korea. Ini merupakan suatu keberhasilan yang nyata yang saat ini telah di alami oleh ibu Rosman. Perjuanagan beliau selama bertahun-tahun ternyata menimbulkan hasil yang sangat memuaskan. Kita patut mencontoh kerja keras beliau. Jadikan sebagai pemicu semangat agar kita semua semakin dekat dengan kesuksesan di bidang yang kita minati. Mengembangkan usaha seperti yang dilakukan oleh ibu Rosman termasuk salah satu usaha dalam mensejaherakan masyarakat perekonomin di indonesia.
Oleh karena itu mri kita dukung dan kita lanjutkan seperti apa yang telah dan sedang dilakukan oleh ibu Rosman.



Daftar Pustaka
Pengusaha pengrajin kulit samak nabati ibu ROSMAN di jl. Parangtritis km 12 rt 07/08 sabdodadi bantul yogyakarta.




0 komentar: